ISSC -1 2019 PAPUA

Loading Events

« All Events

ISSC -1 2019 PAPUA

November 13 - November 14

KONFERENSI INTERNASIONAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

ATAS DUKUNGAN

APSDISI (ASSOSIASI PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU SOSIAL INDONESIA)

NOPEMBER, TAHUN 2019


 

TEMA

KONTRIBUSI ILMU SOSIAL UNTUK MASA DEPAN INDONESIA BERKELANJUTAN

SUB TEMA

“PENGUATAN KETERLIBATAN MASYARAKAT MENUJU MASYARAKAT ERA 5.0.”

“KONTEKSTUALITA ILMU SOSIAL DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

UNTUK PAPUA MEMBANGUN BERBASIS KEARIFANNYA.”

 

 

DASAR PEMIKIRAN

Salah satu motif penting dalam rangka pengembangan ipteks di bidang Ilmu-ilmu Sosial dan studi pembangunan dilatari oleh kehendak akademis untuk menjawab dinamika pembangunan nasional dan daerah dengan berbagai problematikanya. Motif tersebut relevan dengan pandangan yang mengemuka bahwa dinamika perkembangan ipteks berkorelasi dengan kegusaran manusia dalam merespon lingkungan dan tata kehidupannya. Reaksi terhadap dinamika politik, ekonomi, sosial, dan budaya, terakumulasi dalam bentuk sikap dan tindakan. Responsitas itu disandarkan pada tata nilai yang membentuk pola pikir normatif akademis terhadap fenomena yang dapat melahirkan realitas atau fakta-fakta baru di lingkungannya.

Kajian Ilmu-Ilmu sosial, dihadirkan untuk difungsikan sebagai instrument penjelas (tools of analysis) dalam memberi pemahaman dan mengkritisi perkembangan fenomena dan realitas itu. Pada konteks itu, dibutuhkan pemikiran akademis lebih mendalam dan komprehensif dengan kadar intelektualitas tinggi, untuk mengungkap kembali urgensi ilmu-ilmu sosial pada lingkup multi-antar-transdisiplin. Telah sejak lama hal itu menjadi pusat perhatian para cendekiawan ilmu-ilmu sosial dan studi pembangunan. Program Doktor Ilmu Sosial, Universitas Cenderawasih, didukung oleh para pakar dan cendekiawan di beberapa Universitas terkemuka di Indonesia yang berhimpun dalam APSDISI (Asosiasi Progam Studi Doktor Ilmu Sosial Indonesia) menegaskan keterlibatannya secara aktif mengkawal arus pemikiran utama dalam matra ilmu-ilmu sosial. Untuk kepentingan tersebut, berinisiatif untuk menyiapkan kerangka pengembangan keilmuan Sosial dan studi pembangunan.

Inisiatif tersebut berkoherensi dengan momentum pergeseran arah kebijakan nasional yang meletakaan sumberdaya manusia sebagai meanstream pembangunan dalam jangka menengah dan panjang ke depan. Pembangunan nasional berbasis inovasi teknologi 4.0, dipandang perlu untuk diposisikan kembali agar menjadi pendukung utama ke arah terwujudnya masyarakat sejahtera 5.0. Selanjutnya, untuk mendorong terwujudnya kebijakan “pemerataan pembangunan” dan “peningkatan kompetensi sumberdaya manusia”, maka pada level regional dan daerah dewasa ini sedang digalakkan kebijakan nasional yang berpihak ke kawasan Timur Indonesia, termasuk di kawasan Papua. Oleh karena itu, untuk Indonesia berkelanjutan, forum ilmuan APSDISI bersepakat mengangkat matra ilmu social dan studi pembangunan pada kontekstualita “Papua Membangun” berbasis kearifannya. Momentum itu, dipandang sangat baik dilakukan dalam format kegiatan seminar internasional yang sangat diharapkan menjadi ajang rembuk keilmuan guna mendapatkan rujukan nilai-nilai filosofis dan praksis yang semakin menguatkan pondasi pembangunan masyarakat sejahtera.

MAKSUD DAN TUJUAN. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghimpun dan mensinergkan masukan dari Anggota APSDISI dan mitra-kolegial lainnya dalam rangka pengem-bangan Jejaring kolaboratif Ilmuan Sosial untuk Indonesia Membangun, dengan tujuan: Tersedianya media pertemuan dan pertukaran informasi para pakar, peminat, dan pemerhati ilmu-ilmu sosial dan studi (1) pembangunan untuk mensinergikan arus pemikiran masyarakat maju; (2)Adanya penyebarluasan ipteks dalam matra ilmu-ilmu sosial dan studi pembangunan yang memiliki soliditas kekuatan mendukung kebijakan pengembangan masyarakat 5.0 ditunjang oleh inovasi teknologi 4.0; (3) Tersusunnya desain kebijakan, strategi, dan operasional exit strategi pengembangan ilmu-ilmu social dan studi pembangunan untuk kemajuan Papua dan Indonesia.

RUANG LINGKUP KEGIATAN. (1)Konferensi Internasional dan Seminar Paralel. (Sociology, Anthropology, Public Administration, Governance and Politics, Local Economic Development, Law, Social Welfare, Gender on Development, Marine Studies, Education Management, Public Health, Disaster Management, Social Engeneering,  Environmental Studies, International Relations); (2) Rapat Kerja Asosiasi. (Pematangan kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Sosial berbasis KKNI; Penataan organisasi profesi APSDISI)

Narasumber Topik Kajian Akademik: Dr. Heinzpeter Znoj (University of Bern, Swiss); Dr. rer. Sang Chul Park (Polytecnic University & Gothenburg University Sweden); Elco van Burg, MA., Ph.D. (Vrij University of Amsterdam); Dr. Kamarulnizam Abdullah (Universiti Utara Malaysia); Betty Lovai, MA., Ph.D. (University of Papua New Guinea); Jaap Timmer., Ph.D. (Macquarie University, Sydney); Budi P. Resosudarmo, Ph.D. (Australian National University); Dr. Musta’in Mashud, M.Si. (Universitas Airlangga); Dr. B. Kambuaya, MBA. (Universitas Cenderawasih); Abdullah Sumrahadi (Universitas Krisnadwipayana & Visiting Fellow ITS Universiti Utara Malaysia); Julius A. Mollet, MBA., MTDev., Ph.D. (Universitas Cenderawasih); Endi Haryono, S.IP., MA. (President University)

Narasumber Topik Kajian Pembangunan Papua: Gubernur Provinsi Papua; Bupati Jayapura; Walikota Jayapura; Bupati Puncak Jaya; Bupati Mimika; Bupati Merauke; Bupati Asmat.

PESERTA. Pada kegiatan Seminar dan lokakarya ini, akan diikuti 200 peserta dari: Utusan Pemerintah Pusat;Utusan Perguruan Tinggi; Utusan Pakar Internasional; Utusan Pemerintah Daerah; Utusan Swasta Nasional/Daerah; Utusan Lembaga Swadata Masyarakat; Utusan Mahasiswa dan Alumni; Utusan Pers.

Penanggung Jawab. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.MT. (Rektor Universitas Cenderawasih)

Tim Pengarah. Dr. Ones Sahuleka, SH., M.Hum (Pembantu Rektor-I Uncen); Frederick Sokoy, Sos., M.Si. (Pembantu Rektor IV Uncen); Prof. Dr. Yohanes Rante, SE., M.Si. (Direktur PPs Uncen); Dr. Septinus Saa, S.Sos., M.Si. (Dekan FISIP Uncen); Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS.  (Ketua PDIS Uncen)

Ketua. Dr. Vince Tebay, M.Si.  Wakil Ketua-1. Dr. Yohanis Ngili, M.Si.; Wakil Ketua-2. Dr. Untung Muhdiarta, M.Si.; Wakil Ketua-3. Dr. Dra. Yosephina Ohoiwutun, M.Si

Sekretaris. Mariana Buiney, S.IP. M.St.; Wakil Sekretaris-1. Dr. Ferry Sitorus, M.Si; Wakil Sekretaris-2. Jackson Yumame, S.IP., MPA.;

Bendahara. Fiane Rina Sambuaga, SE., M.Si.; Wakil Bendahara. Oviangsih, S.Sos

Sekretariat. Dr. Rafael Kapura, S.IP., M.Si; Kerjasama. Dr. John Numberi, S.T., M.Eng; Acara dan Persidangan. Dr. Elsyan R. Marlissa, SE., M.Si; Kehumasan/Publikasi. Ir. Nurtanti Irianawati Handino, M.Si; Konsumsi. Henny Makaminan, S.IP; Perlengkapan/Dekorasi. Yusuf Roberth Siahaya; Penjemputan/Pengawalan. Johni Korwa, S.IP., MAIR; Kesehatan. dr. Samdey C. Rumbino; Keamanan. Subekti Wibowo.

PENDAFTARAN MAKALAH/ARTIKEL

Narasumber dan peserta diharuskan melalukan pendaftaran online melalui website: https://issc2019.pdis.uncen.ac.id atau www.pdis.uncen.ac.id dengan mengisi form aplikasi yang disediakan. Konfirmasi dapat dilakukan melalui: issc2019@uncen.ac.id atau isscuncen@gmail.com

Kontak Person: Jackson Yumame +6281240987663; Ferry R. Sitorus +8285287825189; Mariana Buiney +6281247425237

 

Details

Start:
November 13
End:
November 14
Website:
https://issc2019.pdis.uncen.ac.id/

Venue

Auditorium Universitas Cenderawasih
Jl. Raya Abepura - Sentani, Hedam, Abepura, Kota Jayapura, Papua 99351
Jayapura, Papua 99351 Indonesia
+ Google Map
Visit Us On Facebook